ANALISIS E- COMMERCE BUKALAPAK, AKULAKU, SHOPEE, BLIBLI, OLX, LAZADA, ZALORA


E-COMMERCE
Membicarakan e-commerce artinya membicarakan perdagangan yang dilakukan melalui internet. Sebagian pelaku e-commerce yang terkenal di Indonesia saat ini adalah milik asing. Namun, bukan berarti sumber daya lokal tidak memiliki keberanian untuk unjuk gigi di tanah sendiri. Ada satu pelaku e-commerce yang saat ini terus menanjak, dan siap menjadi pesaing para pelaku utama yang menanamkan investasinya di Indonesia.
Sejarah Ecommerce :
E-Commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 saat pertama kali banner-elektronik dipakai buat tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web(website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualanseharga AS$12,2 milliar pada tahun  2003.
Istilah “perdagangan elektronik” telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemafaatan transaksi komersial, sEperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.
Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunyai istilah yang lebih tepat “perdagangan web”- pembelian barang dan jasa melalui World wide web melalui server aman (HTTPS), protokolsever khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.
Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di As dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.
Bentuk Ecommerce di Indonesia :
  1. Iklan Baris, merupakan salah satu bentuk e-commerce yang tergolong sederhana, bisa dianggap sebagai evolusi dari iklan baris yang biasanya ditemui di koran-koran ke dalam dunia online. Penjual yang menggunakan social media atau forum untuk beriklan, biasanya tidak bisa langsung menyelesaikan transaksi pada website yang bersangkutan.
  2. Retail, merupakan jenis e-commerce yang di mana semua proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan. Oleh karena itu, kegiatan jual-beli di retail relatif aman.
  3. Marketplace, bisa dianggap sebagai penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan penyedia website, melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace yang bersangkutan. Marketplace umumnya menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti sistem pembayaran escrow atau lebih umum dikenal sebagai rekening bersama.
Perkembangan Ecommerce di Indonesia:
Di Indonesia e-commerce telah dimulai sejak tahun 1996, dengan berdirinya Dyviacom Intrabumi atau D-Net sebagai perintis transaksi online. Kehadiran e-commerce sebagai media transaksi baru ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual. Dengan menggunakan internet, proses jual beli / perniagaan dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu. Di Indonesia terdapat beberapa market place seperti bukalapak, tokopedia dan olx yang menjadi situs kegiatan bisnis E-commerce dengan pengakses dengan jumlah yang cukup besar. Di era modern yang mengedepankan kemudahan merupakan prioritass utama yang tidak bisa dinomer duakan, transaksi melaui E-Commerce telah menjadi sebuah solusi dalam memecahkan masalah. Kita hanya tinggal mengakses internet di rumah dan kita dapat mencari informasi mengenai produk atau jasa yang kita inginkan sekaligus langsung membelinya dengan faslitas pembayaran yang telah disediakan oleh bank.
Namun e-commerce juga memiliki kelemahan dalam berbisnis secara online, yaitu sulit untuk membangun kepercayaan. Hal ini masih menjadi suatu hal yang menyebabkan bisnis secara online masih harus berpikir dua kali karena dilanda rasa waspada karena penipuan banyak terjadi dalam berbisnis secara online. Oleh karena itu penting bagi calon konsumen untuk tidak mudah percaya pada produk dengan harga-harga yang dirasa terlalu murah. Sebaiknya konsumen dapat melakukan pencegahan dengan mencatat data-data pribadi sang penjual. 
Berikut ini adalah daftar –daftar akun E-Commerce yang ada di Indonesia :
1.     Bukalapak
Description: Bukalapak Memberdayakan Usaha Kecil Serta Menengah di Indonesia
Sejarah Bukalapak tidak lepas dari kerja keras pendirinya. Bukalapak sendiri merupakan situs jual beli terpercaya, aman serta mudah digunakan.
Bagi orang indonesia, situs Bukalapak tidak lagi asing lagi di telinga karena sering muncul di iklan Televisi. Beragam barang yang harganya kurang dari sepuluh ribu hingga yang harganya mencapai jutaan dijual di situs ini.
Sejarah Bukalapak Bermula dari Ide Achmad Zaky

Pendiri sekaligus CEO Bukalapak adalah seorang pria kelahiran Sragen yang bernama Achmad Zaky. Beliau merupakan pria kelahiran tanggal 24 Agustus 1986.
Sejak berada di bangku SMA, pria ini sudah akrab dengan komputer khususnya software. Hobinya mulai berkembang saat menduduki bangku kuliah. Lulus dari ITB, Zaky melamar pekerjaan pada 3 perusahaan namun kesemuanya ditolak.
Sejarah Bukalapak dimulai ketika Zaky Terilhami dengan sifat konsumtif masyarakat Indonesia.  Dari situ Zaky mulai merintis Bukalapak bersama temannya. Pada awal tahun 2010 saja, orang yang bergabung di Bukalapak sudah mencapai 10.000.
Situs Bukalapak resmi berdiri dengan tujuan memberdayakan usaha kecil serta menengah yang ada di Indonesia. Situs ini memberi wadah bagi UKM yang ingin berjualan serta menemukan pembeli dari produk yang mereka buat.
Pembentukan Bukalapak memiliki misi yang mulia yakni menaikkan kelas UKM dalam negeri. Menurut Bukalapak, Usaha Kecil Menengah memiliki peran utama dalam aktivitas ekonomi negeri.
UKM juga memberi kesempatan kerja bagi rakyat Indonesia. Bukalapak berkantor di kawasan Kemang Timur – Pejaten. Adapun kantor customer relationnya berada di Plaza 88 yang terletak di kawasan Kemang Bangka.
Kelebihan dan Kekurangan Belanja di Bukalapak
Sama seperti situs marketplace yang lain, belanja di Bukalapak.com tentu memiliki kekurangan serta kelebihan. Adapun kelebihannya antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Bukalapak menyediakan pilihan untuk beli tanpa daftar sehingga memudahkan user yang ingin membeli barang namun tidak suka mendaftar.
  2. Tersedianya fitur pilihan ongkos kirim dari beragam ekspedisi pengiriman jasa
  3. Adanya fitur diskon pada jenis produk yang dijual. Bukalapak juga sering menyediakan promo bagi para usernya.
  4. Proses transfer yang cepat. Dana akan masuk sehari setelah data tracking menunjukkan barang sudah sampai ke pembeli
  5. Tingkat keamanan transaksi yang lebih tinggi karena adanya fitur OTP
  6. Tampilan website yang simple dan tidak berat
Selain memiliki kelebihan, marketplace ini juga memiliki kekurangan seperti berikut:
  1. Warna tema yang mencolok sehingga kurang enak dipandang (ini pendapat pribadi penulis, mungkin sebagian ada yang justru menyukainya).
  2. Sangat seringnya penjual tidak mengirimkan barang (yang dirasakan penulis), akan tetapi bukalapak bertanggung jawab dengan mengembalikan utuh dana yang sudah dibelanjakan.
  3. Adanya fitur quick buyer yang mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli secara langsung
Cara Belanja di Bukalapak
Tertarik belanja di Bukalapak? Anda bisa mengikuti langkahnya yang berikut ini:
  1. Langkah pertama adalah dengan membuka aplikasi yang sudah terinstal di ponsel atau mengunjungi langsung websitenya. Selanjutnya cari barang yang hendak dibeli
  2. Jika sudah, anda bisa menekan tombol beli yang muncul di layar smartphone.
  3. Tekan tombol lanjut ke pembayaran. Namun jika masih ingin membeli barang lain, anda bisa menekan tambah barang lagi.
  4. Setelahnya pilih kurir yang diinginkan lalu tekan lanjut.
  5. Pilih jenis metode pembayaran yang ingin dilakukan. Metode pembayarannya cukup beragam bahkan bisa lewat indomaret ataupun alfamart. Namun akan ada biaya admin jika pembayaran dilakukan disana.
  6. Jika pembayaran sudah dilakukan, anda bisa melanjutkan ke transaksi. Akan ada no tagihan jika pembayaran yang dilakukan telah berhasil dilakukan.

2.    OLX

Description: http://statik.tempo.co/data/2014/05/22/id_291520/291520_620.jpg

Sejarah bagaimana terbentuknya OLX

OLX merupakan pasar iklan baris online lokal yang dapat diakses melalui internet dan juga melalui aplikasi pada ponsel. OLX saat ini telah berada di 106 negara di dunia, Angola, Argentina, Bangladesh, Brazil, India, Indonesia, Portugal, Poland, Peru, Romania, Hungary, Bulgaria, Panama, Switzerland, South Africa, Kenya, Nigeria, Thailand, Philippines, Pakistan, Kazakhstan dan lainnya.
OLX pertama kali dibentuk pada Maret 2006 oleh wiraswastawan internet Fabrice Grinda dan Alex Oxenford, sekarang OLX telah dimiliki oleh Global Media dan perusahaan digital Naspers.

Naspers adalah grup media besar asal Afrika Selatan yang mulai masuk pasar Indonesia lewat investasi di Tokobagus dan juga akuisisi Multiply yang sudah berhenti beroperasi tahun lalu. Menurut pernyataan dari Naspers ketika berinvestasi di OLX, sebagai grup, Naspers akan mengakuisisi atau mendirikan sebuah komunitas internet di negara secara spesifik, sebelum mengembangkan operasinya dengan masuk ke layanan-layanan seperti e-commerce, komunikasi dan konten.
Tentang OLX.co.id
OLX yang sebelumnya adalah Tokobagus.com merupakan situs online classified terbesar di Indonesia. OLX menyediakan media yang mudah, cepat dan gratis bagi para penjual untuk memasang iklan dan sekaligus bagi pembeli untuk mencari beragam produk barang bekas dan barang baru untuk kebutuhan sehari-hari. Barang yang dapat dicari mulai dari handphone, komputer, perangkat rumah tangga, hingga mobil dan sepeda motor, rumah dan properti, bahkan lowongan kerja dan layanan lainnya.

Sejak berdiri pada tahun 2005, OLX telah meraih berbagai penghargaan, antara lain “Gold Brand Champion 2013 of Most Widely Used Brand” dari majalah MarkPlus Insight dan Marketeers, “Situs e-commerce terbaik kategori online shopping Top Brand Award 2012” dari Frontier Consulting Group dan majalah Marketing, Situs e-commerce terbaik (“The Great Performing Website”) kategori Communication, dalam “Digital Marketing Award 2012” dari majalah Marketing, dan lembaga survei independen SurveyOne


Sejarah Singkat Tokobagus dan Alasan Mengganti Nama Menjadi OLX

Tokobagus Didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker.
Arnold yang saat itu sedang berlibur di pulau Bali mendapatkan ide setelah melihat perkembangan pesat situs eCommerce di Amerika, amazon.
Menilai dari geografis Indonesia yang terdiri dari banyak kepulauan dengan jumlah penduduk yang sangat besar, maka tercetuslah ide untuk membuat situs Tokobagus.
Pada tahun 2010, PT Tokobagus akhirnya pindah ke Jakarta setelah membangun usaha selama 5 tahun di Denpasar, Bali.
Tokobagus.com didirikan di Bali pada tahun 2005, oleh Arnold Sebastian Egg, seorang warganegara Belanda. Arnold pertama kali datang ke Indonesia pada awal Januari 2000, saat itu ia adalah seorang pengusaha mudayang baru saja lulus kuliah di Belanda. Melalui PT Isya Jaya, ia memulai usaha di Indonesia, tepat setelah bom Bali I meletus. Saat itu ia menawarkan jasa pembuatan situs e-commerce. Pada ahun 2005, Arnold memulai bisnis jual beli secara online. Ia menyiapkan konsep Tokobagus.com dan mulai membangun okobagus.com. Tahun 2008 Arnold mendapat investor yang kemudian menjadi mitranya. Bersama dengan mitra barunya, di tahun yang sama mereka pindah ke Jakarta dan mendirikan PT Tokobagus.

Tokobagus berkembang pesat luar biasa. Juli 2013 memiliki lebih dari 1 miliar pageviews bulanan dan mentargetkan masuk top five situs iklan baris terbesar di dunia.
Tokobagus.com didirikan di Bali pada tahun 2005, oleh Arnold Sebastian Egg, seorang warganegara Belanda. Arnold pertama kali datang ke Indonesia pada awal Januari 2000, saat itu ia adalah seorang pengusaha mudayang baru saja lulus kuliah di Belanda. Melalui PT Isya Jaya, ia memulai usaha di Indonesia, tepat setelah bom Bali I meletus. Saat itu ia menawarkan jasa pembuatan situs e-commerce. Pada ahun 2005, Arnold memulai bisnis jual beli secara online. Ia menyiapkan konsep Tokobagus.com dan mulai membangun okobagus.com. Tahun 2008 Arnold mendapat investor yang kemudian menjadi mitranya. Bersama dengan mitra barunya, di tahun yang sama mereka pindah ke Jakarta dan mendirikan PT Tokobagus.

Tepatnya Selasa (20/5/2014), branding Tokobagus yang sudah begitu melekat akhirnya harus diganti dengan nama yang kurang “indonesia” yaitu OLX.
Jadi ketika kita mengetik URL Tokobagus yang lama, muncul pemberitahuan di layar yang menjelaskan bahwa nama Tokobagus.com
berubah menjadi OLX Indonesia dengan alamat olx.co.id.

“Perubahan ini hanya Nama, Logo dan Url. Sedangkan semua aspek lainnya, yang sudah dirasakan manfaatnya oleh jutaan masyarakat Indonesia masih tetap sama dan tidak berubah,”
ujar Kepala Operasional OLX.co.id, Alif Priyono, dalam keterangan resminya. Aktivitas jual-beli dan pemasangan iklan tetap bisa dilakukan seperti biasa.
Misi perusahaan akan terus berlanjut yang digambarkan dalam tagline-nya, yaitu “cara tepat, jual cepat”.

Kesimpulannya adalah alasan penggantian nama Tokobagus semata-mata untuk memperkuat branding OLX secara global.
Ini juga memperjelas bahwa grup Naspers ingin mengkonsolidasi berbagai brand situs iklan baris yang dimilikinya di berbagai negara.
Contohnya “Sulit”, situs iklan baris di Filipina milik grup Naspers, yang lebih dahulu mengumumkan perubahan identitasnya menjadi OLX pada maret lalu.


 Kelebihan dan Kekurangan OLX.co.id
  • Kelebihan 
 OLX Indonesia menyediakan berbagai pilihan barang dan jasa, baik baru maupun bekas, dan bermacam alternatif yang mencakup seluruh daerah di Indonesia. Selain itu, apabila ingin melakukan kontak dengan penjual yang memasang iklan di OLX Indonesia, tidak diharuskan untuk registrasi terlebih dahulu. Situs ini juga menyediakan tab spesifikasi produk atau jasa yang dibutuhkan, seperti merk, tipe, tahun maksimum dan minimun, serta harga maksimum dan minimum. OLX Indonesia juga tersedia dalam bentuk Mobile Version dan Official Application for Android. Tidak ada biaya untuk pemasangan iklan, kecuali apabila meminta layanan promosi tambahan (promo point)untuk iklan-iklan yang dipasangkan. Biaya yang dikenakan tersebut hanya bersifat “dianjurkan” buka “diharuskan”. Jadi, apabila tidak ingin menggunakan layanan promosi tambahan, anda tidak perlu membayar sepersenpun.
  • Kekurangan
 Kemungkinan terjadinya berbagai macam penipuan sangat besar karena penyediaan layanannya yang gratis dan terbuka untuk umum.

Tips Transaksi di OLX Indonesia
Terdapat lima tips transaksi yang aman di OLX Indonesia:
  • Gunakan Akal Sehat Anda
Percaya pada akal sehat, terutama jika dirasa di dalam iklan tersebut terdapat kejanggalan-kejanggalan yang tidak masuk akal, biasanya hal tersebut memang tidak baik. Jika memang penjual tersebut kurang meyakinkan, maka lebih baik batalkan saja.
  • Memilih Penjual Terpercaya
Bertransaksilah dengan penjual yang terpercaya (verified number) yang telah memverifikasi alamatnya kepada OLX Indonesia agar terhindar dari penjual atau pemasang iklan yang tidak jelas.
  • Lakukan Riset Sederhana
Ketahui dulu info tentang produk serta penjualnya dengan lengkap dan jelas dengan mengumpulkan informasi dan melakukan riset sederhana terkait hal tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan bagaimana deskripsi yang dipaparkan oleh si penjual dan apakah foto produk yang ia perlihatkan asli hasil jepretan sendiri atau tidak. Jika benar, maka hal itu dapat dikatakan sebagai petanda yang baik. Selain itu, galilah informasi yang ada dengan menanyakan produk serta alamat penjual tersebut selengkap mungkin. Jika dia menjual produk laris seperti handphone, kamera digital, dll dengan harga yang jauh lebih rendah, maka penjual itu patut dicurigai. Jika lokasi atau alamat penjual terjangkau, lebih baik bertemu secara langsung dan usahakan membawa teman.
  • Cara Pembayaran
Berhati-hatilah pada nomor teleepon yang tidak jelas, terutama yang berkode area luar negri dan meminta cara pembayaran dengan Western Union, Moneygram, dan cek.
  • Hubungi Tim Support OLX Indonesia
Jika masih merasa ragu dan kurang yakin, hubungi dan tanyakan pada tim support OLX Indonesia.

3.    Tokopedia

Description: Hasil gambar untuk tokopedia
Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital[2]. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.[3]
Tokopedia memiliki bisnis marketplace terdepan di Indonesia yang memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Hingga saat ini, Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.[4] Sejak diluncurkan, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis.[5]
Dengan visi "Membangun sebuah ekosistem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apapun "[6], Tokopedia telah memberdayakan jutaan pedagang dan konsumen untuk berpartisipasi dalam masa depan perekonomian. Tokopedia secara konsisten mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring.
Usaha ini juga terlihat dari berbagai program yang dibuat maupun diinisiasi oleh Tokopedia dengan bekerjasama dengan Pemerintah dan pihak-pihak lainnya. Salah satu program kolaborasi yang diinisasi oleh Tokopedia adalah acara tahunan MAKERFEST yang diadakan sejak bulan Maret 2018.[7] Acara yang diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia ini merupakan panggung perayaan kreasi lokal yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif dalam negeri.[7]
Sejak tahun 2018, Tokopedia juga menghadirkan Tokopedia Center.[8] Experience center ini telah diluncurkan di beberapa kota di Indonesia, dua diantaranya adalah Boyolali dan Padang. Melalui Tokopedia Center, pengunjung dapat melakukan transaksi secara online-to-offline (O2O), membayar tagihan, membeli tiket, mendapatkan informasi mengenai cara menggunakan aplikasi Tokopedia, belanja secara interaktif, sampai mencari inspirasi untuk memulai usaha daring secara gratis.[8]
Tokopedia memudahkan seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk mendapatkan kebutuhan mereka. [9]Selain berperan sebagai marketplace pertama yang menerapkan sistem escrow atau rekening bersama di Indonesia, Tokopedia juga menjadi perusahaan teknologi pertama di Indonesia yang memperkenalkan pengentaran instan melalui kemitraan dengan perusahaan transportasi daring.[9] Hal ini memungkinkan konsumen untuk mendapatkan barang dengan cepat.
Sejarah
Tokopedia resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat[10].
PT Tokopedia mendapatkan pendanaan awal dari PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia kembali mendapat suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010)[11][12], Cyber Agent Ventures (2011)[13], Netprice (2012)[14], dan SoftBank Ventures Korea (2013)[15]. Pada Oktober 2014, Tokopedia menjadi perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI)[16][17]. Pada April 2016, Tokopedia kembali dikabarkan mendapatkan investasi sebesar USD 147 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun.[18]
Pada bulan Agustus 2017, Tokopedia menerima investasi sebesar USD 1,1 milyar dari Alibaba. Dikabarkan bahwa keputusan ini dilakukan agar Alibaba dapat semakin memperluas jaringannya di Indonesia dan Asia Tenggara setelah sebelumnya membeli saham Lazada.[19].
Berkat peranannya dalam mengembangkan bisnis daring di Indonesia, Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor e-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc. pada tanggal 11 Desember 2014[20]. Pada 12 Mei 2016, Tokopedia terpilih sebagai Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016[21]
Pada tahun 2018, Tokopedia kembali meraih beberapa penghargaan. Mei lalu lalu aplikasi Tokopedia berhasil memuncaki Apple Store mengalahkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Sementara di Android, Tokopedia juga berhasil menjadi #3 Top Chart di Google Play mengalahkan Facebook dan Instagram[22]. Pada Desember 2018 Tokopedia terpilih sebagai aplikasi terbaik pilihan masyarakat di Google Play.
Jenis Bisnis
Sebagai perusahaan teknologi, Tokopedia menghadirkan empat bisnis utama bagi para penggunanya. Bisnis pertama Tokopedia, sekaligus yang menjadi bisnis paling dikenal masyarakat adalah marketplace. Tokopedia menyediakan serambi bisnis C2C gratis untuk penjual dan pembeli. Terdapat juga toko resmi untuk beberapa merek resmi terkemuka.
Tokopedia juga menyediakan produk digital seperti pulsa, pembayaran BPJS, listrik dan air, tagihan telepon, kartu kredit, tv berlangganan, dan lain sebagainya. Terdapat juga tiket pesawat, tiket kereta, acara, voucher permainan video, dan produk digital lainnya.
Pada tahun 2016, Tokopedia melebarkan sayap dengan menghadirkan produk teknologi finansial. Produk fintech Tokopedia terdiri dari dompet digital, investasi terjangkau, kredit modal bisnis, kartu kredit virtual, produk proteksi, skoring kredit berdasarkan data untuk produk pinjaman, investasi, serta layanan keuangan lainnya[23]
Baru-baru ini pada tahun 2018 Tokopedia menghadirkan aplikasi Mitra Tokopedia. Aplikasi berukuran 1 MB ini ditujukan untuk memungkinkan semua orang khususnya pemilik warung dan usaha kecil untuk bisa berjualan produk digital Tokopedia seperti paket data, token listrik, BPJS, voucher game, dan lain sebagainya.[24]
Brand Ambassador
Pada tanggal 12 November 2014, Tokopedia secara resmi mengumumkan Chelsea Islan sebagai brand ambassador yang merepresentasikan Tokopedia[25]. Pada 21 Oktober 2015, Isyana Sarasvati menjadi brand ambassador yang mewakili Tokopedia.[26] Saat ini, belum ada lagi brand ambassador baru untuk Tokopedia.
Teknologi
Versi awal Tokopedia yang dibangun tahun 2009 menggunakan bahasa pemrograman Perl, database Oracle dan webserver Apache dengan mod_perl. Seiring perkembangan waktu, sekitar tahun 2015, Tokopedia mengganti mesin databasenya dengan PostgreSQL. Selain pergantian database server, webserver Tokopedia pun belakangan berganti menggunakan Nginx.
Pada tahun 2015, arsitektur serambi Tokopedia sudah berganti dari yang sebelumnya monolitik menjadi berbasis microservices. Pemilihan bahasa program pun mengalami perubahan, walaupun belum 100%, sebagian sistem Tokopedia sudah dibangun menggunakan bahasa program Go.
Tokopedia juga menggunakan beberapa layanan berbasis cloud, contohnya: S3 (untuk storage) dan Cloudsearch, keduanya dari Amazon Web Services.[27]

Kelebihan Tokopedia :

  • Kelebihan pertama yang dimiliki tokopedia adalah penampilannya yang ringan dan segar.
  • Selain itu, situs ini juga bersifat gratis dan tidak berbayar.
  • Loading site terhitung ringan, khususnya pada halaman-halaman toko dan produk.
  • Bagian daftar produk sangat jelas, kategori yang bervariasi, serta adanya fitur harga grosir.
  • Adanya fitur pre-order untuk produk yang harus di import, karena proses ini biasanya akan memakan waktu yang lebih lama.
  • Adanya fitur estimasi total yang harus dibayar buyer, seperti total harga produk (berlaku kelipatan) dan estimasi ongkos kirim hingga jasa ekspedisi yang tersedia.
  • Transfer dana yang relatif cepat dengan rata-rata 2 hinggga 3 jam, dan maksimum mencapai waktu 4 jam untuk transfer ke bank-bank besar.
  • Waktu proses pesanan memiliki waktu yang lebih leluasa, yakni berkisar 5 hingga 7 hari semenjak invoice masuk.
  • Keamanan cukup baik karena adanya penggunaan kode OTP.
  • Memiliki blog yang berisikan beragam tips dan juga informasi yang bermanfaat untuk penjualan dan optimasi toko online milik kita.

Kekurangan Tokopedia :

  • Website dan aplikasi Tokopedia kerap mengalami error.
  • Terlalu sering maintenance, sehingga kerap membuat pengunjung merasa kesal.
  • Error pasca maintenance, efeknya bisa sampai 1 hingga 2 hari dengan keluhan yang bermacam-macam.
  • Tidak adanya fitur blacklist untuk buyer atau pembeli.
  • Sering terjadi perang harga, membanderol produk dengan harga dengan kisaran yang sangat murah. Sehingga memberikan peluang yang sangat kecil pada produk untuk laku dengan kisaran harga yang relatif tinggi.
  • Peluang barang lebih banyak laku pada member Gold Merchant masih tidak optimal. Hanya memberikan kesan ekslusif dan memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari member biasa.
  • Fitur pengelola stok barang masih dirasa kurang optimal, karena saat ada pembeli yang tengah menunggu pembayaran, stok produk tidak secara otomatis berkurang.
  • Tidak memiliki fitur diskon yang berbatas waktu.

4.    LAZADA

Description: Gambar terkait

LAZADA Indonesia adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga. LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara.
Grup LAZADA International di Asia Tenggara terdiri dari LAZADA Indonesia, LAZADA Malaysia, LAZADA Vietnam, LAZADA Thailand, LAZADA Filipina. Jaringan LAZADA Asia Tenggara merupakan cabang anak perusahaan jaringan perusahaan internet Jerman Rocket Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan inkubator daring yang sukses menciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia. Berkantor pusat di Berlin, Jerman, proyek yang dimiliki Rocket Internet, antara lain Zalando, TopTarif, eDarling, Groupon (sebelumnya CityDeal).

Investasi lainnya
Setelah JP Morgan, beberapa rekanan lain ikut mempercayakan investasi pada Lazada dan perusahaan induknya, Rocket Internet. Pada November 2012, Kinnevik, perusahaan investasi dari Swedia menanamkan investasi hingga lebih dari USD 40 juta. Sebulan kemudian, pada Desember 2012, Summit Partners, salah satu perusahaan modal usaha terbesar di dunia berinvestasi sebesar USD 26 juta. Dan pada bulan Januari 2013, Tengelmann, group retail strategis dari Jerman menanamkan dana investasi yang dikabarkan mencapai USD 20 juta
Model bisnis lazada
Lazada berbeda dengan toko online yang lain seperti tokopedia, kaskus, atau elevenia. Untuk ketiga toko online tersebut lebih mengedepankan C2C. Hal ini menyebabkan owner marketplace memiliki kesulitan dalam mengontrol aktivitas keduanya. Terlebih lagi dalam penanganan masalah trust customer. Owner marketplace tidak dapat mengontrolnya karena aktivitas langsung dilakukan oleh kedua belah pihak. Owner marketplace hanya menangani masalah payment untuk keduanya sehingga dapat meminimalisir penipuan. Dalam mencetak kisah sukses Lazada, Lazada mengedepankan trust customer dengan merekrut supplier trusted dan memiliki kualitas produk tinggi sehingga tidak mengecewakan pelanggan bahkan meningkatkan kepercayaan kepada Lazada. Konsep yang Lazada jalankan ini merupakan konsep B2C (Business to Customer). Lazada membeli produk dari supplier dan dimasukkan ke dalam warehouse mereka sebagian untuk menjadi stok dan sebagian dijual kepada customer. Dalam kasus ini Lazada dapat mengontrol kualitas produk, distribution hingga aftersales kepada customer.
Shipping
Lazada menggandeng beberapa agen ekspedisi terkemuka dan terpercaya di Indonesia seperti JNE, First Logistics, Pandu Logistics dan LazadaExpress. Dalam proses pengiriman ini dibagi menjadi 3 zona yaitu Zona 1 daerah Jabodetabek dengan biaya pengiriman gratis jika minimum pembelian Rp 100.000,00. Zona 2 daerah selain Jabodetabek dari Indonesia bagian Barat hingga Nusa Tenggara Barat. Pada zona ini biaya pengiriman gratis ketika pembelian diatas Rp 90.000,00 dengan berat produk di bawah 6kg. Zona 3 untuk daerah Indonesia timur meliputi Kalimantan Selatan hingga Papua.
Payment method
Untuk mempercantik kisah sukses Lazada. Lazada menggandeng partner perbankan untuk mengatasi masalah product payment. Pembayaran produk dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu melalui COD, dimana pembayaran dilakukan ketika barang dikirim sampai tujuan kemudian customer membayarnya. Cara yang kedua melalui transfer ke rekening Lazada, dalam hal ini Lazada menggandeng Bank BCA, Bank Mandiri, CIMB Niaga, dan Bank BNI. Pembayaran melalui kartu kredit juga disediakan oleh Lazada.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LAZADA



Kelebihan Belanja Online Di Lazada :

1. Beraneka Ragam Produk Tersedia
Di Lazada.co.id, barang yang di jual sangat beraneka macam, mulai dari barang elektronik, peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan dan lain-lain.

2. Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
Lazada sangat sering memberikan diskon-diskon terhadap produk yang dijualnya. Diskon yang diberikan pun bervariasi, mulai dari 10% sampai dengan diatas 30%.

3. Website yang user friendly
Website di Lazada.co.id memiliki tampilan yang user friendly, navigasinya sangat mudah dan tampilannya pun menarik sehingga orang yang awampun bias menggunakannya dengan mudah

4. Bebas Ongkos Kirim
Lazada memberika kebijakan untuk membebaskan ongkos kirim dengan beberapa ketentuan wilayah. Jika JABODETABEK dan pembelian diatas Rp. 100.000, maka akan bebas dari biaya ongkos kirim. Lalu jika diluar JABODETABEK ada yang masuk dalam wilayah 2 dan 3. Jika masuk wilayah 2, pengirimiman akan gratis jika pembelian diatas Rp. 90.000 dan berat barang kurang dari 6kg. Dan yang masuk wilayah 3, seluruhnya dikenakan biaya pengiriman.

5. COD (Cash On Delivery)
Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat melakukan pembayaran di tempat pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin baru ada di daerah jakarta saja.

6. Pengiriman Barang Cepat
Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang ia beli cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, Lazada sepertinya tahu persis kebutuhan konsumen itu oleh karena itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat setelah pembayaran diterima.

Kekurangan Belanja Online Di Lazada :

1. Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
Sebagai pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfimasi pembayaran diterima oleh pihak lazada cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli khawatir.

2. Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota
Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota jakarta dan sekitarnya.

5.    AKULAKU
Description: Hasil gambar untuk akulaku
Akulaku didirikan oleh PT. Artha Silvrr Indonesia dengan Mr William Li sebagai foundernya. Sejarah Akulaku dimulai ketika pertama kali didirikan di Malaysia yang kemudian mulai melebarkan sayapnya ke Indonesia.
Akulaku beralamatkan di PT Silvrr Artha Indonesia, Gedung Graha Lestari Lantai 11 Zona 5, Jl Kesehatan Raya 48 / Jl. Petojo Sabangan No. 2A Cideng, Jakarta Pusat 10160.
Akulaku juga menyediakan customer serice yang memberikan layanan bagi para pelanggan terkait perbelanjaan hingga transaksi pembayaran.
Akulaku adalah aplikasi mobile ecommerce yang memudahkan kamu berbelanja dengan cepat. Di Akulaku kamu dapat melakukan pembelian dengan cara cicilan tanpa kartu kredit. Akulaku memastikan bahwa uang kamu akan diberikan kepada penjual jika kamu telah menerima pesanan kamu dengan baik. Belanja cicilan tanpa kartu kredit hanya di aplikasi mobile Akulaku

Cicilan Tanpa Kartu Kredit
Dengan menggunakan Aplikasi Akulaku, kamu bisa melakukan pembelanjaan dengan metode cicilan tanpa menggunakan kartu kredit, karena kami mengerti kebutuhan Anda.

Banyak Pilihan Produk
Akulaku memiliki ribuan produk dari berbagai kategori mulai dari Gadget, Laptop & Acc, Camera & Acc dan kategori lainnya. Cari semua yang kamu butuhkan kapan pun dan dimana pun hanya dengan Aplikasi mobile Akulaku!

Belanja Aman, Mudah dan Terpercaya
Jangan khawatir belanja di Aplikasi Akulaku. Kami akan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Transaksi dapat dilakukan melalui sistem transfer antar bank, Kartu Kredit (Visa dan Mastercard), Debit Card Online.

Customer Service
Customer terbaik Akulaku memberikan layanan untuk pelanggan di nomor (021) 3511201 setiap Senin - Minggu Pukul 09:00 – 21:00 atau email cs.id@akulaku.com

Pilihan Bahasa
Bahasa Indonesia, English Filipino, Bahasa Melayu, English Melayu

Jangka Waktu Cicilan
Anda dapat memilih periode cicilan sesuai dengan keinginan Anda mulai dari 3, 6, 9, 12 bulan

Cara Ajukan Cicilan di AKULAKU
1. Masuk ke menu Bills Tekan tombol pengajuan kredit
2. Isi semua data dengan lengkap, konfirmasi Facebook atau LinkedIn untuk kepastian data. Kemudian tekan selanjutnya
3. Upload foto KTP, foto Anda memegang KTP dan nomor KTP dengan jelas dan benar
4. Isi data kontak darurat: keluarga, saudara atau teman Anda yang dapat kami hubungi
5. Lengkapi data tempat Anda bekerja
6. Upload foto data pekerjaan Anda
7. Setelah data Anda terkirim Status Pengajuan Cicilan akan berubah menjadi "Dalam Pengecekan". Silakan menunggu Approval dari Tim Akulaku

Download Aplikasi Akulaku dan nikmati fasilitas berikut:
- Penawaran promo dan diskon via aplikasi
- Cari produk lebih cepat dengan fitur pencarian
- Temukan Ribuan Produk menarik setiap hari di Akulaku!
- Rencana cicilan tak terbatas
- BELI Produk Premium tanpa perlu bayar tunai! Berbelanja semua yang kamu inginkan dan atur anggaran Kamu.
- Sistem Pembayaran Aman, Mudah dan Terpercaya
- Lihat status pengiriman Kamu dengan Akulaku. Pesanan kamu akan sampai dengan Aman.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN AKULAKU
Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dengan berbelanja di Akulaku seperti yang berikut ini:
Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dengan berbelanja di Akulaku seperti yang berikut ini:
  1. Hampir semua barang yang ada di situs Akulaku bisa dikredit
  2. Membantu mendapatkan barang tanpa harus bayar secara tunai karena bisa dicicil. Prosesnya juga cukup mudah karena tanpa survey
  3. Mudah untuk melakukan pendaftaran pada situs
  4. Memiliki limit kredit yang cukup tinggi. Hal ini memudahkan anda bagi yang ingin membeli barang dengan harga yang lumayan
  5. Memiliki kerjasama dengan banyak toko online sehingga ada banyak barang yang bisa dibeli. Anda bisa mencari banyak jenis barang dimanapun dan kapanpun.
  6. Transaksi bisa dilakukan dengan banyak cara mulai dari Debit Card Online, kartu kredit hingga transfer antar bank.
Terlepas dari kelebihan yang ditawarkan, Akulaku juga memiliki beberapa kelemahan sebagai berikut:
  1. Pengiriman barang yang relatif lambat sehingga kurang memuaskan.
  2. Terkadang tidak disertakannya nomor resi sehingga akan menyulitkan pihak pembeli
  3. Kesulitan dalam berkordinasi dengan pihak penjual terlebih jika barang yang diinginkan stoknya kosong, kecuali jika penjual menghubungi pihak pembeli terlebih dahulu.
  4. Ada beberapa keluhan dari pihak pembeli yang chatnya tidak pernah dibalas Pihak penjual
  5. Tidak dicantumkannya jenis ekspedisi yang digunakan dalam mengirim barang kecuali jika pihak penjual menghubungi pembeli untuk pemberitahuan terkait dengan ekspedisinya.

6.    Blibli.com

Description: Hasil gambar untuk blibli\

Salah satu e-Commerce di Indonesia yang menjadi pilihan masyarakat berbelanja online adalah Blibli.com. Didirikan pada 25 Juli 2011 oleh PT. Global Digital Niaga (GDN) yang merupakan anak perusahaan PT. Global Digital Prima (GDP) milik Martin Hartono –putra owner Djarum Group, Budi Hartono. PT. Global Digital Prima (GDP) adalah bagian dari perusahaan produsen rokok terbesar di Indonesia Djarum Group yang juga menjadi pemegang saham beberapa bisnis online terkemuka seperti situs e-commerce Kaskus, serta beberapa situs lokal macam lintasberita.com, krazymarket.com, dailysocial.net, dan perusahaan inkubator bisnis online bernama Merah Putih Inc. Keberadaan Blibli.com dengan nilai investasi $ 10 juta menjadi pertanda keseriusan dan makin eksisnya Djarum Group dalam bisnis online.

Pendiri Blibli.com

Blibli.com digawangi tenaga-tenaga muda profesional dengan latar pendidikan rata-rata jebolan luar negeri. Salah satu sosok penting dibalik berdirinya Blibli.com adalah Kusumo Martanto, lulusan S-2 Teknik Industri dari Georgia Institute of Technology, Amerika Serikat yang kini mejabat CEO PT. Global Digital Niaga (GDN). Sejak lulus SMA pada 1992, Kusumo Martanto melanjutkan pendidikan di AS dan bekerja di beberapa perusahaan di AS seperti Intel Corporation dan i2 Technologies dengan jabatan terakhir Senior Manajer Produk. Baru pada tahun 2009 dia pulang ke Indonesia karena pinangan Djarum Group dengan memulai debut kariernya lewat Blibli.com dibawah naungan PT. Global Digital Prima (GDP).

Penghargaan Blibli.com

Blibli.com pada 29 Februari 2012 meraih penghargaan The Best e-Commerce dari ajang Gadget Award 2012. Penghargaan ini diterima Blibli.com berkat apresiasi konsumen atas konsistensi Blibli.com dalam menghadirkan berbagai gadget terbaru, promo menarik yang memanjakan gadget lover, dan program komunikasi yang kreatif. Penghargaan tersebut diharapkan memacu Blibli.com yang ingin menjadikan online shopping sebagai tempat tujuan utama masyarakat Indonesia yang trend conscious dan lifestylle savvy untuk mendapatkan produk-produk berkualitas dalam menunjang gaya hidup modern yang smart dan dinamis.

kelebihan dan kekurangan blibli


Kelebihan dari Blibli
  • Harganya kompetitif kalau dibandingkan dengan online mall dan shop di Indonesia, bahkan bisa termurah kalau anda betah mengecek stoknya. Sering habis soalnya.
  • Kupon belanja yang mudah didapatkan dengan berbagai macam nominal, minimal anda bisa mendapatkan 2 buah kupon senilai total 100 ribu dari mendaftar newsletter Blibli.
  • Ongkos kirim gratis ke seluruh Indonesia, dan ini benar – benar nyata saat saya coba mengirim ke Malang dari Jakarta. Lazada saja masih membayar ongkos kirimnya. Ini ikut andil belanja kita jadi lebih hemat.
  • Customer service yang mudah dicari, setidaknya lewat Livechat kita bisa bertanya langsung mengenai masalah yang kita alami. Walau anda belum tentu membutuhkannya tapi saat anda mengalami masalah saya jamin anda bersyukur tim support Blibli selalu ada 24 jam sehari.
  • Pelayanan customer service Blibli yang cepat, ramah dan sabar. Saya tidak kecewa sama sekali.
  • Packing barangnya untuk elektronik menggunakan kayu, sekecil apapun ukurannya dan ini gratis lagi tidak menambah biaya ongkos kirim.
Kekurangan Blibli
  • Sistem konfirmasi pembayaran transfer bank yang memakan waktu 1 hari sejak mengirimkan uang kalau order di hari kerja dan 2-3 hari kalau anda membelinya di hari sabtu dan minggu. Ini yang saya alami dan sempat frustasi karena masih pertama kali mengujicoba Blibli. Sedangkan di tetangga kurang lebih beberapa menit sudah dikonfirmasi.
  • Tidak ada cara konfirmasi pembayaran manual, tampaknya harus komplain ke customer care Blibli untuk hal ini.
  • Kalau di Lazada setiap ada perubahan status order akan diberitahukan melalui email dan SMS. Sedangkan Blibli hanya pada saat meletakkan pesanan dan konfirmasinya. Jadi kita harus sering – sering mengecek kabar terbarunya.
  • Sistem pengiriman barang yang tampaknya harus dijemput oleh kurirnya (Pickup), jadi merchant partnernya tidak boleh mengirimkan sendiri. Ini kelemahannya menjadi lebih lama (saya menunggu 2 hari baru statusnya berubah sudah diambil kurir) tapi kelebihannya tampaknya ada standar packingnya. Pembelian hp yang saya sebutkan diatas menggunakan kotak kayu. Imbang lah, agak lama tapi barang aman.

7.    ZALORA

Description: Hasil gambar untuk zalora
Zalora.com (Versi Internasional) atau Zalora.co.id (Zalora Indonesia). ZALORA, adalah sebuah toko online yang baru-baru ini ikut meramaikan pasar E-commerce di Indonesia. ZALORA Indonesia adalah situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian yang terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional. Zalora Indonesia yang didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo, merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia yang terdiri dari Zalora Singapura, Zalora Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora Thailand dan Zalora Filipina. ZALORA adalah partner dari toko barang elektronik Lazada.co.id. Lokasi kantor ZALORA Indonesia berada di Menara Bidakara I, Lt. 17 Jl. Jendral, Gatot Subroto Kav. 71 – 73, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, 12870 (PT. Fashion Eservices Indonesia).

Perkembangan


            Situs belanja online ini merupakan salah satu cabang dari toko online terbesar di Eropa, Zalando. Di lingkup Asia namanya Zalora yang memiliki adik perusahaan di delapan negara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Thailand, dan FIlipina. Zalora dengan keyakinan bahwa bisnis e-commerce di tanah air akan berhasil. Karena akses ke daerah kecil masih kurang, dengan adanya Zalora semua orang punya akses. Perkembangannya didukung oleh kerja sama tim Zalora dalam memasarkan web-store mereka. Diawali dari promosi secara online, seperti melalui Google, Facebook, Twitter, dll.

           Saat ini Zalora sudah memasarkan produknya di Mobile app, yaitu Zalora Mobile App yang dapat didownload pada Smartphone berbasis android. Zalora Android App ini memungkinkan para pengguna yang gemar berbelanja untuk menerima push notification untuk setiap barang baru dan promo khusus sehingga mereka akan selalu memperoleh informasi fashion terkini. Melalui aplikasi ini para pengguna juga dapat dengan mudah mengakses informasi produk secara keseluruhan termasuk gambar, peringkat dan ulasan produk.

           Lebih jauh lagi, kemampuan built-in dari OS Android menjadikan tampilan animasi Zalora Android App lebih menarik, salah satunya ketika para pengguna akan menambahkan dan menyimpan belanjaan ke dalam shopping cart. Beragam pilihan metode pembayaran pun semakin memudahkan aktivitas belanja online pelanggan yang mendownload aplikasi ini.

Sistem Penjualan Zalora

             Sistem penjualan pada Zalora merupakan B2C ( Business to Customer) dimana target pemasaran mereka adalah individu. Sistem penjualan pada Zalora ingin memberikan pengalaman yang berbeda dari pembelian secara fisik. Zalora berfokus kepada penjualan produk seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris, sports, bahkan produk kecantikan. Zalora menawarkan produk-produk dari berbagai brand terkemuka baik lokal maupun internasional. Beberapa keunggulan yang diberikan oleh Zalora adalah : 

1. Menawarkan sistem layanan antar gratis khusus pulau Jawa dan Bali. untuk pulau Sumatera dan Kalimantan dikenakan biaya pengiriman apabila pembelian dibawah Rp 200.000. Sedangkan wilayah Indonesia Timur dan Nusa Tenggara akan dikenakan biaya kirim apabila pembelian dibawah Rp 300.000.

2. Sistem COD di berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu Zalora juga menyediakan layanan COD menggunakan debit card dan credit card untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.
3. 30 hari garansi uang kembali *berlaku ketentuan
    Perusahaan juga menyediakan layanan Customer Service untuk seputar pertanyaan, bantuan, dan belanja via telepon dengan nomor : 021-29490100
    - Senin s.d Jumat : 09.00 - 21.00 WIB
    - Sabtu : 09.00 - 13.00 WIB
    email : help@zalora.co.id

Waktu Pengiriman

WAKTU PEMESANAN
PENGIRIMAN
ESTIMASI PENERIMAAN ORDER
Senin - Jumat, Sebelum 18.00
Estimasi pengiriman jakarta 1-3 hari kerja, luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung dari pemesanan).
Order Anda akan sampai diantara Senin - Sabtu.
Senin - Jumat, Setelah 18.00
Estimasi pengiriman jakarta 1-3 hari kerja, luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung dihari kerja berikutnya).
Sabtu dan Minggu
Estimasi pengiriman jakarta 1-3 hari kerja, luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung dihari kerja berikutnya).

Cara Pembelian di Zalora

        
  1. Masuk ke http://www.zalora.co.id
  2. Pilih kategori produk yang ingin Anda beli. Anda bisa langsung klik produk yang diinginkan. 
  3. Pada halaman produk, pilih ukuran yang Anda inginkan dan klik Beli untuk memasukkan barang ke tas belanja. 
  4. Jika Anda sudah menentukan barang-barang yang ingin dibeli, klik Lanjut ke Pembayaran untuk melakukan transaksi. 
  5. Anda akan diarahkan ke halaman login/daftar. Jika Anda sudah memiliki akun di ZALORA, Anda bisa memilih Login. Jika Anda belum memiliki akun di ZALORA, Anda bisa membuatnya dengan cara klik Lanjutkan. 
  6. Di halaman selanjutnya (setelah login/daftar), Anda akan menemukan tiga buah kolom yang wajib diisi.
  7. Kolom Pertama: Data Pelanggan dan Alamat Pengiriman. Isikan data Anda dan alamat tujuan pengiriman pesanan Anda. 
  8. Kolom Kedua: Metode Pembayaran. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan (cash on delivery, transfer ke rekening bank, atau kartu kredit). 
  9. Kolom Ketiga: Konfirmasi Pesanan. Pastikan barang yang ingin Anda pesan sudah sesuai.
  10. Setelah Anda memastikan bahwa semua isian sudah dilengkapi dengan benar, klik Bayar. Pembayaran Anda akan langsung diproses dan Anda bisa menunggu email notifikasi dari Zalora.

Keamanan

            Pihak zalora memberikan keamanan terhadap proses pembayaran dengan cara melakukan transaksi pembayaran melalui Transfer ATM, dan jika masih tidak percaya atau Bahasa kasarnya takut tertipu, pihak zalora memberikan fasilitas COD (Cash On Delivery) pembayaran langsung apabila barang telah sampai. Zalora menjamin keamanan dari data yang di input oleh costumer.
            
            ZALORA memastikan bahwa informasi yang dikumpulkan akan disimpan dengan aman. Kami menyimpan informasi pribadi Anda dengan cara:
  • Membatasi akses ke dalam informasi pribadi Anda
  • Mengurus dan mengelola produk-produk teknologi kami untuk mencegah akses komputer yang tidak memiliki izin
  • Secara aman menghancurkan informasi pribadi Anda saat kami tidak lagi membutuhkannya untuk tujuan catatan retensi
ZALORA menggunakan teknologi 128 - bit SSL (secure sockets layer) encyption saat memproses rincial finansial Anda. 128-bit SSL encryption bisa dikira mungkin akan membutuhkan waktu sesedikitnya satu triliun tahun untuk rusak, dan ini adalah standar industri. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada http://www.zalora.co.id/privacy-policy/


8.    SHOPEE
Description: Hasil gambar untuk shopee

Sejarah Shopee tidak lepas dari perkembangan marketplace di Indonesia yang sangat pesat. Shopee sendiri dikelola oleh Garena Group yang sekarang berubah nama menjadi SEA Group. Jika dibandingkan dengan situs marketplace lainnya seperti bukalapak, tokopedia, OLX dan lain-lain, maka shopee termasuk yang termuda dan minim pengalaman. Namun dengan promosi yang gencar ecommerce ini mampu berdiri sejajar dengan pesaing-pesaing terdahulunya tersebut.
Sejarah Shopee di Indonesia dimulai pada bulan Desember tahun 2015. Prestasi marketplace ini adalah keberhasilan promosi yang dalam waktu singkat, pengguna shopee tidak kalah banyak dari para pesaingnya. Tokoh penting di balik sejarah Shopee adalah Chris Feng pendiri dan CEO yang juga merupakan lulusan terbaik dari Universitas Singapura.
Shopee memudahkan para penjual serta pembeli dalam berinteraksi melalui fitur live chatnya. Sarana jual beli ini juga menyediakan banyak produk mulai dari gadget, fashion, kosmetik, elektronik, otomotif dan lain sebagainya.
Shopee berkantor pusat di Wisma 77 Tower 2 lantai 11, Jl. Letjen. S. Parman Kav. 77 Slipi, palmerah. Jakarta Barat, 11410.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SHOPEE
  1. Barang lebih cepat sampai
  2. Shopee menawarkan banyak promo serta diskon yang pastinya digemari para pembeli
  3. Memiliki fitur terdekat yang memungkinkan pembeli mencari penjual terdekat dari posisi calon pembeli berada
  4. Adanya fitur beriklan bagi para penjual yang ingin produknya berada di urutan atas
  5. Ada pula fitur live chat yang memungkinkan penjual dan pembeli berinteraksi mengenai produk yang dijual
  6. Potensi transaksi yang cukup besar
  7. Adanya fasilitas ongkir gratis dengan ketentuan yang berlaku
  8. Tersedianya kategori produk yang sangat luas. Alhasil penjual bisa menjual jenis barang apa saja. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi pihak penjual.
Selain memiliki kelebihan, Shopee juga memiliki kelemahan seperti yang berikut ini:
  1. Respon penjual yang terkadang cukup lama
  2. Situs yang susah diakses pada jam-jam tertentu
  3. Ada beberapa penjual yang tidak jujur sehingga merugikan para pembeli
  4. Untuk promo ongkir gratis diberi syarat atau ketentuan yang cukup merepotkan
  5. Beberapa gambar atau tampilan produk yang dianggap kurang menarik
CARA BERBELANJA DI SHOPEE
Bagi anda yang tertarik berbelanja di Shopee, anda bisa melakukan langkah-langkah seperti yang berikut ini:
  1. Langkah yang pertama adalah dengan memilih barang yang akan dibeli lalu pilih tombol Beli sekarang.
  2. Jika barang yang dipesan sudah sesuai dengan keinginan, anda bisa memilih tombol Checkout
  3. Pilih kurir pengiriman dan jangan lupa untuk memilih metode pembayaran. (kartu kredit atau debit, indomaret, transfer bank) Jika sudah, anda bisa pilih konfirmasi
  4. Jika kurir dan metode pembayaran telah dipilih, anda bisa menekan tombol buat pesanan dan segera lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang telah anda pilih sebelumnya.
Di Shopee anda bisa memeriksa barang sudah dikirim atau belum melalui cek status yang terdapat di menu akun pada bagian belanjaanku. Jika terdapat tulisan masih dikemas itu artinya belanjaan anda belum dikirim.

SUMBER :


http://yulytaverdianti.wordpress.com/2013/07/08/analisis-we-e-commerce-zalora/
http://www.mas-sugeng.com/2013/08/belanja-fashion-mudah-dengan-zalora.html
http://a-fajariko.blogspot.com/2013/06/e-commerce-pada-zalora-indonesia.html
http://id.wikipedia.org/wiki/ZALORA_Indonesia
http://www.zalora.co.id/privacy-policy/
https://thidiweb.com/sejarah-shopee/

Komentar

  1. ebruari 2020 01.50
    Hay sobat di sini kontak resmi
    pengduan masalah Dan pertanyaan
    seputar ekomer sobat bisa
    Hubungi Cs akulaku di whatsapp:
    087839623319 atau di
    Nmr:tlpn:081286953303
    Kami siab membantu anda
    1x24 jam.. MF

    BalasHapus
  2. Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan, silahkan hubungi Customer Service Akulaku melalui:
    Cell Center : 150092
    WhatsApp : 085943072318

    BalasHapus

Posting Komentar